Jumat, 22 Mei 2009

Analisa dan Perbandingan Beberapa Situs Jejaring Sosial

Perbandingan Beberapa Situs Jejaring Sosial

Comparing The Social Networking Sites

Dalam Ilmu pengetahuan manusia dikenal sebagai Mahluk Sosial atau Zoon politicon, yaitu mahluk yang suka bekerjasama, bersosialisasi satu dengan lainnya. Bentuk sosialisasi manusia dengan manusia lainnya caranya sangat beragam mulai dari komunikasi menggunakan telepon, televisi, handphone dan media komunikasi lainnya, nah diera komputerisasi seperti saat ini Internet pun dijadikan media komunikasi alternative yang banyak digunakan manusia saat ini seperti E-mail dan beberapa situs jejaring Sosial.

E-mail yang kemunculannya sejak dulu sudah sangat membantu manusia dalam hal komunikasi, kini ditambah dengan kemunculan beberapa situs jejaring social seperti friendster, facebook, myspace dan lainnya telah membawa banyak perubahan dalam pola komunikasi manusia. Kini semuanya dapat terhubung dengan mudah dan gratis serta dapat berkomunikasi dimanapun via situs jejaring social ini.

Situs-situs jejaring social saat ini sudah banyak diminati orang. Mulai dengan kemudahaannya menghubungkan satu pengguna/user dengan user lainnya, meninggalkan komentar pada page user hingga share beberapa informasi seperti Musik, Video, Photos dan bahkan share aplikasi, chatting dan gaming sudah bisa dilakukan melalui situs jejaring social ini.

Dari tahun ke tahun jumlah user dari beberapa social networking sites kian meningkat seperti facebook contohnya, ditahun 2009 saja sudah meraih angka 200 juta untuk jumlah penggunanya, padahal situs ini masih dibilang baru yah, situs ini lahir sekitar 5 tahun lalu. Banyak yang menganggap, Aplikasi terbuka yang dikembangkan oleh Facebook banyak disebut sebagai kunci kemenangan merebut hati komunitas penggunanya. Aplikasi di Facebook bisa dibuat oleh siapa saja sesuai standar yang dirilis oleh Facebook. Pada awalnya hanya aplikasi-aplikasi permainan dan iseng, namun kini aplikasi tersebut digunakan untuk berbagai keperluan. Lain halnya dengan Friendster, situs yang diklaim menduduki peringkat kesembilan dalam jajaran situs jejaring social didunia ini, dalam hal trafik telah mencapai 22,1 miliar page view setiap bulannya dan usernyapun sudah mencapai angka 75 juta pengguna diseluruh dunia. Myspace pun tak kalah dengan situs jejaring lainnya dalam hal user, situs yang diklaim dapat mempromosikan musik penggunanya keseluruh dunia ini tercatat merengkuh sekitar 2.362.000 pengunjung didaratan Australia. Namun myspace lebih popular di negaranya sendiri yaitu Amerika Serikat dan banyak digunakan oleh kaum muda disana.

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas perbandingan dan analisa beberapa situs jejaring social yakni friendster, facebook dan myspace. Pembahasannya dimulai dengan sejarah situs tersebut, fitur dan fasilitas yang disediakan, jumlah pengunjung pada situs tersebut hingga keuntungan yang diperoleh perusahaan situs jejaring social tersebut.

1. facebook

Situs jejaring social yang satu ini pasti tak asing lagi terdengar di telinga kita semua , ya dialah facebook. Situs yang dikabarkan telah meraih jumlah angka 200 juta user di tahun 2009 ini, didirikan oleh Mark Zuckerberg dia merupakan seorang mahasiswa di Harvard University. Awalnya facebook diperuntukkan hanya untuk kalangan internal kampus, namun beberapa kampus sekitar Harvard meminta dimasukan kedalam jaringan facebook. Sampai pada akhirnya Pada September 2005 facebook tidak lagi membatasi jaringannya hanya untuk mahasiswa., facebook pun membuka jaringannya untuk para siswa SMU. Beberapa waktu kemudian facebook juga membuka jaringannya untuk para pekerja kantoran. Dan akhirnya pada September 2006 facebook membuka pendaftaran untuk siapa saja yang memiliki alamat e-mail.

Mengenai fasilitas dan kemampuan dari situs jejaring social ini tak perlu diragukan lagi, selain kita dapat mencari teman dimanapun mereka berada dan menambahkan teman pada page pribadi. Untuk menambahkan/mencari teman, kita dapat mengetikkan nama atau e-mail teman kita disearch box yang terletak pada kanan atas website. kita juga dapat memanfaatkannya untuk sharing informasi melalui komentar-komentar dan catatan tertentu dengan menuliskannya pada box comment atau dengan menulis catatan. Untuk menuliskan atau membalas komentar dari orang lain kita cukup membalasnya dari page pribadi kita tanpa harus mengakses page orang yang member komentar.

Dengan facebook kita juga dapat memainkan game online serta menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu yang berasal dari pengembang facebook ataupun aplikasi yang berasal dari pengguna facebook. Coba saja anda cek pada tab bagian kiri bawah website ini, anda dapat mencari aplikasi atau game apa saja yang akan anda gunakan atau mainkan.

Bagi anda yang gemar berbagi koleksi foto, musik dan video facebook pun menyediakan pagenya untuk sharing. Bahkan di facebook kita dapat melihat video yang diupload user lain secara online dan kita juga dapat meninggalkan komentar pada video atau foto-foto yang telah kita lihat dengan mudah. Chatting atau ngobrol dengan pengguna facebook diseluruh duniapun bisa dilakukan, asalkan anda sudah menjadi teman dengan user yang lain.

Tampilan dari facebook pun cukup nyaman saat digunakan, facebook menggunakan teknologi AJAX untuk membangun setiap pagenya agar lebih interaktif dengan user. Namun sayang kita tidak bisa mengkostumisasi pagenya secara bebas seperti yang disediakan oleh friendster dengan fitur edit cssnya. Untuk fleksibilitas tampilan pagenya saat diakses pada beberapa device seperti handphone, facebook menyediakan tampilan mobile dari situsnya yang dapat diakses dengan menggunakan awalan “M” (m.facebook.com) yang berarti kita mengakses tampilan mobile dari situs facebook. Dengan tampilan yang disesuaikan dengan layar handphone maka otomatis biaya akses datanya lebih efisien(ketika me-load pagenya). Kini situsnya pun terdiri dari beberapa menu pilihan bahasa, beberapa diantaranya adalah bahasa indonedia,inggris, melayu dan Perancis.

Jumlah pengunjung unik (unique visitor) yang mengakses pagenya tiap tahun selalu meningkat tahun 2008 saja unique visitornya mencapai angka 132,105 dengan perubahan kenaikan sebesar 153%. Angka tersebut mengalahkan pesaingnya yakni Friendster yang pada tahun 2008 unique visitornya sekitar 37.080 dengan perubahan kenaikan sebesar 50%, dan MySpace sekitar 117,582 dengan kenaikan sebesar 3% saja dari tahun 2007.

Seperti yang penulis kutip dari vivanews.com sebuah lembaga pengamat pasar digital asal Virginia , Amerika Serikat, facebook mampu menarik 161,1 juta pengunjung unik dari seluruh dunia pada September tahun yang lalu. Untuk anda yang belum memahami bahasa internasional semacam bahasa inggris facebook juga menyediakan pilihan bahasa Indonesia, tak hanya bahasa Indonesia, pilihan bahasa lainnya yang digunakan pun banyak macamnya. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan.

Keuntungan yang diperoleh facebook pun tidak main-main, tahun 2008 saja perusahaan ini tercatat memperoleh pendapatan 300 juta U$D atau sekitar Rp. 3,3 Triliun dan kabarnya sebagian keuntungannya digunakan untuk membiaya perang di Gaza (palestina). Sebagian penghasilannya diperoleh dari Iklan banner dan promosi produk.

Fasilitas Yang Disediakan

Keterangan

Kirim Comment, Message, Update Status,Bulletin

Ada

Upload Photo & Album Photo

Ada (lebih Interaktif dengan User Lain dengan Fasilitas Tagging Photos)

Aplikasi-Aplikasi

Ada Bahkan dapat memainkan Game Online

Blog

-

Edit Tampilan/Tampilan Page

Ada tapi terbatas, lebih Interaktif dengan Teknlogi AJAX.

Tampilan Mobile

Ada

Chat

Ada

Upload and Share Video or Musik

Ada

Menu Bahasa

Tersedia dalam berbagai pilihan bahasa

Page Profil Notification

Ada dan lebih Interaktif dengan User

Tabel1.1 Fasilitas yang Ada pada Facebook

2. Friendster ™

Sebagai situs pertemanan, JFriendster™ banyak diminati di Indonesia, selain terkenal dengan fleksibilitas tampilannya yang bisa dimodifikasi sesuka user melalui edit css ternyata JFriendster™ juga masuk kedalam kategori Situs Web Dalam Jajaran 10 Besar di Seluruh Dunia. JFriendster™ adalah situs web nomor-9 terbesar dan jaringan sosial terbesar ke-9 di dunia dalam hal trafik dengan 22,1 miliar page view setiap bulannya. JFriendster™ berada di urutan pertama dalam hal keterlibatan pemakai di antara lima jaringan sosial terbesar di dunia dengan waktu kunjungan rata-rata 215 menit per pengunjung per bulannya. Saat ini saja sudah sekitar 75 juta orang diseluruh dunia menjadi pengguna JFriendster™.

JFriendster™ yang dikelola perusahaan Friendster Inc. didirikan pada tahun 2002 berkantor pusat di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pendirinya adalah Jonathan Abrams, yang sekaligus kreator dariJFriendster™. Jonathan sebelumnya adalah pendiri dan CEO HotLinks. Ia pun pernah menjabat sebagai senior enginering pada perusahaan internet terkenal Netscape dan Nortel. Abrams sendiri adalah lulusan Computer Science dari McMaster University.

Ketika perkembangan JFriendster™ memperlihatkan tanda-tanda kemajuan, pengelolanya mendapat suntikan dana US$ 13 juta dari berbagai investor. Lalu pada Juni 2004 JFriendster™ merekrut seorang profesional bisnis. Dia adalah Scott Sassa, mantan President stasiun televisi NBC Entertainment.

Hingga 2006, pengguna JFriendster™ diperkirakan mencapai 20 juta orang dari berbagai belahan dunia. Namun menurut survei comScore Media Metrix, tahun ini trafik pengunjung JFriendster™ cenderung menurun. Jika bulan Oktober 2005 JFriendster™dikunjungi 1,7 juta pengguna internet (unique visitor), maka pada bulan April 2006 pengunjungnya tercatat hanya 1 juta orang.

JFriendster™ juga mengklaim, bahwa pihaknya telah menjadi jaringan pertemanan social no.1 di Asia, dengan 33 juta pengunjung unik dari banyak negara per bulan. Jumlah tersebut lebih banyak dua kali lipat daripada jaringan social lainnya, seperti MySpace dan facebook.

JFriendster™, perusahaan yang berpusat di San Fransisco ini telah membantu konsep jaringan social agar mudah diterima secara luas, dan bebas dari masalah teknis juga kekacauan manjemen. Friendster kini telah memiliki sekitar 75 juta user, walaupun banyak user yang sign-up sebagai member hanya dalam beberapa hari saja atau mungkin mereka sudah tidak menggunakan lagi JFriendster™, dalam beberapa waktu.

Untuk fasilitas yang disediakan situs jejaring social yang satu ini sama dengan fasilitas yang disediakan facebook. Kita dapat mengirim komentar pada page user JFriendster™ lain untuk lebih private kita dapat mengirim message pada menu sent message. Upload photo pun bisa dilakukan dengan membuat album photo dan berbagi informasi dapat dilakukan dengan membuat Blog pada friendster. Untuk anda yang gemar mendesain tampilan page, JFriendster™ menyediakan fasilitas edit css yang membolehkan tampilan friendster untuk diedit sesuai dengan personalisasi user.

Aplikasi yang disediakan pengembang JFriendster™ pun banyak macamnya mulai dari musik online yang dapat dimainkan langsung saat user online, Aplikasi penampil photo dengan efek tertentu, Atau aplikasi-aplikasi grafis texting yang hasilnya dapat dipajang langsung pada page masing-masing user. Namun, sayang aplikasi yang disediakan friendster masih kalah banyak jumlahnya dibandingkan facebook. Di JFriendster™ juga kita belum bisa memainkan game online seperti di facebook. Mungkin karena belum banyak aplikasi yang dikemabangkan JFriendster™. Apalagi chatting dan sharing video atau musik online belum bisa dilakukan JFriendster™. Yang menjadi salah satu kelebihan JFriendster™ adalah fleksibilitas tampilan pagenya yang bisa dimodif sesuai dengan keinginan user melalui menu edit css dan beberapa aplikasi khusus yang bisa ditampilkan pada tampilan pagenya secara langsung ketika diload pagenya.

Tampilan friendster yang sederhana mudah digunakan untuk user pemula sekalipun. Sama seperti facebook, JFriendster™ juga menyediakan tampilan mobilenya untuk bisa diakses di beberapa device semacam handphone, sehingga cost untuk akses datanya lebih ekonomis. Tampilan mobile ini dapat diakses melalui m.friendster.com. Sama seperti facebook, JFriendster juga menyediakan berbagai macam pilihan bahasa yang dapat dipilih dan digunakan sesuai kebutuhan.

Pendapatan yang diperoleh, JFriendster™ banyak diperoleh dari jasa pemasangan iklan di Websitenya, menurut beberapa sumber, pendapatan JFriendster ditahun 2007 saja mencapai $14 Juta Dolar. Bagaimana dengan tahun ini?, entahlah kita lihat saja nanti.

Fasilitas Yang Disediakan

Keterangan

Kirim Comment, Message, Update Status,Bulletin

Ada

Upload Photo

Ada

Aplikasi-Aplikasi

Ada Tapi Terbatas

Blog

Ada

Edit Tampilan/Tampilan Page

Ada lebih Interaktif dengan Edit CSS

Tampilan Mobile

Ada

Chat

Tidak Ada

Upload and Share Video or Musik

TIdak Ada

Menu Bahasa

Tersedia dalam berbagai pilihan bahasa

Page Profil Notification

Ada, Tapi kurang Interaktif

Tabel1.2 Fasilitas yang Ada pada Friendster

3. MySpace

Situs jejaring social lainnya adalah MySpace, MySpace lebih terkenal dikalangan anak muda dia Amerika Serikat. Namun tidak menutup kemungkinan MySpace juga bakal terkenal di Indonesia layaknya facebook, ini berkat fitur musik sharingnya yang dengannya kita bisa mempromosikan musik kita hingga keluar negeri. Tak heran berkat fitur tersebut MySpace banyak digandrungi band indie di Indonesia. Uniknya di MySpace juga menyediakan menu Karaoke Online.

Layanan yang diberikan pada usernya umumnya sama dengan situs jejaring social lainnya. Berkomunikasi dengan page user lain dapat kita lakukan dengan menuliskan comment atau message. Fitur MySpaceTV juga menjadi daya tarik tersendir bagi para usernya, layanan ini mirip seperti You-Tube dan beberapa videonya bisa di add pada page profil kita. Layaknya JFriendster™ Profil page di MySpace juga bisa di modif dengan berbagai layout-layout tertentu. MySpace juga menyediakan tampilan mobilenya untuk dapat diakses via mobile device sperti handphone.

MySpace sendiri dapat menarik sekitar 72 juta pengunjung unik(unique visitor) tiap bulannya. Pada December 2008 MySpace menambahkan sekitar 4 juta pengguna baru sehingga total penggunanya sebanyak 125 juta user.




Tabel 1.3 Fasilitas MySpace

Fasilitas Yang Disediakan

Keterangan

Kirim Comment, Message, Update Status,Bulletin

Ada

Upload Photo

Ada

Aplikasi-Aplikasi

Ada Tapi Terbatas

Blog

Ada

Edit Tampilan/Tampilan Page

Ada, lebih Interaktif dengan Edit CSS

Tampilan Mobile

Ada

Chat

Ada

Upload and Share Video or Musik

Ada

Menu Bahasa

Tersedia dalam berbagai pilihan bahasa

Page Profil Notification

Ada, Tapi kurang Interaktif


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please Leave a Comment